Pada hari Selasa tanggal 22 Januari 2019 mahasiswa program studi D3 Manajemen Informatika Stikom Surabaya telah mengadakan kunjungan studi eksekursi ke perusahaan Pelindo III yang beralamat di jalan Perak Timur no. 610 Surabaya. Jumlah total peserta yang ikut sebanyak 20 orang terdiri dari 13 mahasiswa D3 MI , Satria Agung Pamuji sebagai perwakilan dari bagian PPTI dan Elsa Pebrianti dari bagian Humas Stikom Surabaya, serta
empat orang dosen D3 MI yaitu Titik Lusiani, A.B Tjandrarini, Achmad Arrosyidi,  Didiet Anindita dan  Edo Yonatan Koentjoro yang juga sekaligus bertindak sebagai koordinator acara studi eksekursi.

Tujuan dari studi eksekursi ini selain merupakan bagian dari agenda rutin tiap tahun juga untuk memperkenalkan dunia industri kepada adik adik mahasiswa yang akan lulus. Dari hasil kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan mahasiswa tentang dunia kerja sehingga mereka bisa mempersiapkan diri dari sisi hardskill maupun softskill. 

Berdasarkan informasi pada website www.pelindo.co.id PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau lebih dikenal sebagai Pelindo III merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam jasa layanan operator terminal pelabuhan dengan banyak cabang dan anak perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Rombongan berangkat dari kampus Stikom Surabaya pada pukul 8.15 WIB dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam. Tiba di Pelindo III rombongan disambut  oleh Doni Eko Prasetyo dan Mutia Rizky sebagai pelaksana hubungan investor dan tata kelola perusahaan  serta tiga orang alumni Stikom Surabaya  yaitu   Agus Dharmawan selaku SVP Information and Communication Technology , Agus May Suryanto selaku ASM Pengembangan dan Solusi Tik Front End dan Franstyawira selaku pelaksana pengembangan Solusi TIK Front End. 


Bertemu salah satu alumni Stikom Surabaya di PT. PELINDO 3 Surabaya

Pada sesi presentasi Agus Dharmawan menjelaskan banyak orang yang masih keliru menganggap Pelindo III sebagai perusahaan yang hanya menjual tiket kapal, padahal pada kenyataannya Pelindo III juga bergerak di banyak bidang diantaranya adalah bongkar pasang barang kapal, penyandaran kapal, terminal peti kemas, tracking container service, non container service serta layanan penumpang.


Doni Eko Prasetyo, Agus Dharmawan dan Agus May Suryanto

Lebih lanjut Agus Dharmawan juga menjelaskan  bagaimana proses pengembangan ERP menggunakan ASP di lingkungan PT. Pelindo III Surabaya. Banyak aplikasi yang telah dikembangkan untuk mendukung operasional Pelindo III, bahkan beberapa aplikasi sedang dipersiapkan untuk digunakan secara nasional di semua cabang Pelindo Indonesia. 

Khusus bagi mahasiswa dia juga memberikan masukan bahwa mahasiswa tidak perlu menguasai banyak bahasa pemrograman, cukup satu tapi memahami konsep nya secara mendalam sehingga akan lebih mudah dan cepat ketika diperlukan untuk mempelajari bahasa baru. Ditambahkan juga bahwa Perusahaan lebih membutuhkan seorang pekerja yang mau belajar dan mampu melakukan analisa terhadap proses bisnis perusahaan.

"Selain kemampuan secara teknis juga diperlukan kemampuan untuk menjaga sikap, prilaku atau tingkah laku dalam berinteraksi dan berkomunikasi antar individu dalam lingkungan pekerjaan", kata Doni menjawab pertanyaan salah satu mahasiswa tentang pentingnya etika dalam bekerja.


Mahasiswa D3 MI Begitu Antusias Mendengarkan Paparan pada Sesi Presentasi dan Tanya Jawab.

Di akhir acara presentasi dilakukan  pemberian kenang-kenangan dari Stikom dan Pelindo III, serta pembagian doorprize untuk beberapa mahasiswa yang telah mengajukan pertanyaan untuk kemudian ditutup dengan berfoto bersama. 


Penyerahan Kenang-kenangan.


Foto Bersama Mahasiswa D3-MI dengan Pelindo III Surabaya.

Setelah sesi presentasi dan tanya jawab selesai maka rombongan di ajak untuk berkeliling untuk melihat fasilitas-fasilitas yang dimiliki divisi IT Pelindo III Surabaya, mulai dari ruangan untuk programmer, service center, dan ruang olah raga. (Did)


Berkeliling Kantor Pelindo III


Video Dokumentasi Studi Ekskursi D3 MI ke PT. Pelindo III Surabaya