Acara buka bersama merupakan tradisi yang sangat populer di kalangan masyarakat muslim di seluruh dunia, terutama di negara-negara dengan mayoritas berpenduduk muslim. Tujuan utama dari buka bersama adalah untuk mempererat hubungan antar sesama, meningkatkan rasa kebersamaan, dan mempererat hubungan dengan Allah SWT.
Selain itu, buka bersama juga menjadi momen yang tepat untuk saling berbagi, saling menghormati, dan saling menghargai sesama umat manusia, terlebih lagi di bulan Ramadhan yang merupakan bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia.



Acara Bukber atau buka bersama di bulan Ramadan sering diadakan karena memiliki beberapa manfaat, di antaranya:
  • Mempererat tali persaudaraan, acara Bukber dapat menjadi momen yang tepat untuk mempererat hubungan antar anggota.
  • Membangun solidaritas, dalam acara bukber, seluruh anggota organisasi dapat berkumpul dan saling membantu satu sama lain, sehingga dapat membangun solidaritas yang lebih kuat.
  • Menjalin silaturahmi, selain mempererat tali persaudaraan dan membangun solidaritas, acara Bukber juga dapat menjadi ajang untuk menjalin silaturahmi antara anggota organisasi.
  • Meningkatkan rasa kebersamaan, dalam acara bukber, seluruh anggota kelompok atau komunitas dapat merasakan atmosfer kebersamaan yang positif, sehingga dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan saling mendukung antar anggota.
Karena alasan-alasan tersebut, banyak organisasi atau komunitas memilih untuk menyelenggarakan acara Bukber di bulan Ramadan.



Acara Bukber atau buka Bersama yang dilaksanakan oleh Hima D3 Sistem Informasi pada hari Jumat, 14 April 2023. Kegiatan Bukber diikuti oleh dosen, dan mahasiswa DIII Sistem Informasi. Dengan acara Bukber ini diharapkan adanya keakraban antara dosen, dan mahasiswa DIII Sistem Informasi Universitas Dinamika.