Banyak metode dalam pengembangan perangkat lunak diantaranya  waterfall, RAD, SCRUM, Prototype dan Agile. Metode-metode  tersebut digunakan sebagai kerangka kerja bagi pengembangan sistem informasi agar lebih terstruktur, terencana dan terkendali. Untuk itu program studi D3 Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya merasa perlu untuk memperkenalkan metode-metode tersebut kepada para mahasiswa. Salah satu metode yang diangkat adalah metode Agile Development  melalui acara workshop dengan judul "Agile Development: Menyelesaikan suatu masalah melalui kemudahan dari software" yang telah diselenggarakan pada tanggal 2 Mei 2019 dengan narasumber Victorico Hidayanto, S.Kom yang juga merupakan alumni DIII Sistem Informasi angkatan 2002.

Acara workshop ini merupakan program kerja rutin yang diselenggarakan oleh program studi DIII Sistem Informasi untuk membuka wawasan mahasiswa sehingga diharapkan mahasiswa akan lebih kreatif dalam berpikir dan berinovasi. Oleh karena itu acara ini berlaku untuk semua mahasiswa  diploma maupun sarjana.

Pada awal acara Victorico bercerita tentang sejarah bagaimana perjalanan hidupnya dari mahasiswa sampai menjadi wordpress developer, CEO dan Founder dari Edu Data Presenta Surabaya sampai saat ini. Dalam salah satu kesempatan Victorico menyampaikan kepada para mahasiswa penting untuk menjaga niat baik dalam aktifitas kuliah maupun bekerja. Niat untuk membahagiakan orang tua perlu untuk selalu di pupuk agar mahasiswa mempunyai tujuan dan semangat dalam menyelesaikan pendidikannya.


Victorico sedang menjelaskan materi workshop kepada mahasiswa

Masuk di sesi berikutnya Victorico memperkenal metode Agile dan SCRUM untuk pengembangan perangkat lunak. SCRUM dianggap sebagai salah satu metode yang lebih memanusiakan developer karena berorientasi pada produk. Setelah menjelaskan berbagai hal tentang Agile dan SCRUM, Victorico meminta beberapa mahasiswa untuk ikut tampil ke depan guna bersama sama mencoba bagaimana melakukan simulasi tentang metode SCRUM.


Victorico dan Mahasiswa sedang melakukan simulasi SCRUM


Mahasiswa dan dosen berfoto bersama dengan narasumber

Diakhir workshop narasumber memberikan beberapa pertanyaan dan doorprize kepada para mahasiswa dan kemudian ditutup dengan pemberian kenangan dari Institus Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya kepada narasumber.

Acara kemudian berlanjut dengan hibura  tari yang ditampilkan oleh beberapa orang mahasiswa dan dosen dan ditutup dengan berfoto bersama. (Did)